Breaking News
Loading...

Translate

Tuesday 28 April 2015

Pasar Beringharjo

06:14









Pasar beringharjo merupakan pasar tradisional yang ada di Yogyakarta dan tertetak di Kawasan Malioboro. Awal mulanya, wilayah Pasar Beringharjo merupakan hutan beringin. Tak lama setelah berdirinya Kesultanan Ngayogyokarto Hadiningrat, tepatnya pada tahun 1758 M, wilayah ini kemudian dijadikan tempat transaksi ekonomi oleh warga Yogyakarta dan sekitarnya.

Nama Beringharjo sendiri baru diberikan setelah Sri Sultan Hamengku Buwono VIII bertahta menjadi Raja pada tanggal 24 Maret 1925. Nama Beringharjo diberikan karena dahulu sebelumnya merupakan hutan beringin. Arti dari Beringharjo adalah wilayah yang semula merupakan hutan beringin ( bering ) diharapkan dapat memberikan kesejahteraan ( harjo ). Nama Beringharjo  sendiri dinilai tepat karena lokasi asar merupakan bekas hutan beringin dan pohon beringin adalah lambing kebesaran dan pengayoman bagi banyak orang.

Hingga kini Pasar Beringharjo yang berada di Jalan Ahmad Yani, kawasan Malioboro masih kokoh berdiri sebagai sebagai pasar utama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tak pernah sepi, Pasar Beringharjo bukan hanya sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli, tapi juga menjadi fragmen yang tak terpisahkan dari sejarah Malioboro sebagai kawasan ekonomi, budaya dan sejarah.

1 comments:

 
Toggle Footer