Breaking News
Loading...

Translate

Thursday 30 April 2015

Pantai Siung - Surga Para Pemanjat Tebing

09:23





Yogyakarta merupakan kawasan  yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan local maupun mancanegara karena banyak tempat wisata yang menarik dan asyik untuk dikunjungi. Salah satunya Pantai Siung, Pantai ini terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Meskipun Pantai ini belum lama diketahui banyak orang seperti halnya Pantai Baron, tetapi pantai ini memiliki potensi alam yang luar biasa.

Saat ini Pantai Siung semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama pada saat liburan dan akhir pekan karena potensi yang luar biasa di pantai ini, salah satunya adalah batu karangnya. Karang – karang yang berukuran sangat besar di sebelah barat dan timur memiliki peran yang penting, tidak hanya menambah keindahan saja, tetapi juga merupakan dasar penamaan pantai dan merupakan saksi kejayaan wilayah pantai dimasa lampau. Batu karang tersebut terletak agak menjorok kelautan. 



Menurut Wastoyo yang merupakan seorang sesepuh setempat, nama Pantai Siung ini diambil dari bentuk batu karang yang menyerupai gigi kera atau Siung Wanara. Hingga saat ini batu karang tersebut masih dapat dinikmati keindahan yang berpadu dengan ombak besar saat menerpanya dan menambah keindahan pemandangan di pantai ini.

Selain itu karang – karang ini juga digunakan sebagai tempat untuk olahraga panjat tebing. Sekarang ini ada sekitar 250 jalur pemanjatan yang terdapat di Pantai Siung dan memiliki tingkat kesulitan dan karakteristik yang berbeda – beda. Lokasi Pantai Siung ini berdekatan  dengan Pantai Nglambor yang juga merupakan salah satu wisata pantai baru di Gunungkidul.

Harga tiket untuk masuk ke kawasan Pantai Siung sangatlah murah, dengan Rp. 4.500 kita sudah bisa mengunjungi 3 pantai, yaitu Pantai Jogan, Pantai Nglambor dan Pantai Siung.

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer